kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat daun sirsak beserta efek sampingnya


Senin, 19 Oktober 2020 / 08:28 WIB
4 Manfaat daun sirsak beserta efek sampingnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat daun sirsak yang bisa dirasakan oleh tubuh. Hal itu disebabkan karena adanya antiinflamasi, antibakteri, antimikroba, antiparasit, dan kandungan lainnya. Saat mengonsumsinya secara rutin dan dalam porsi yang pas, manfaat-manfaat berikut ini bisa Anda dapatkan.

Mengontrol Inflamasi

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), ada 117 jenis kandungan dalam daun sirsak yang dilengkapi dengan antiinflamasi. Selain antiinflamasi, daun sirsak juga mengandung antioksidan sehingga cocok digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Antiinflamasi dalam daun sirsak mencegah pertumbuhan mediator peradangan dalam tubuh, seperti IL-6 dan nitric oxide. Beberapa jenis luka atau penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun sirsak adalah demam, diare, artritis, ruam di kulit, malaria, dan penyakit infeksi parasit lainnya.

Mengurangi Insomnia

Apakah Anda mengalami insomnia? Jika iya, mengonsumsi ekstrak daun sirsak sebelum tidur secara rutin bisa mengatasi masalah itu. Daun sirsak mengandung efek obat penenang sehingga bisa membuat otot lebih rileks. Selain itu, daun sirsak juga bisa mengurangi stres yang sedang Anda rasakan.

Baca Juga: Daun sirsak, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat

Menjaga Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat daun sirsak adalah menjaga kesehatan mulut.

Menjaga kesehatan mulut adalah manfaat daun sirsak lainnya yang disebutkan oleh Stylecraze. Bahan alami ini mampu mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri serta jamur, seperti Streptococcus mutan dan Candida albican.

Infeksi bakteri dan jamur tersebut bisa menyebabkan berbagai macam jenis penyakit mulut, misalnya gingivitis, periodontitis, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan antibakteri dan antijamur yang ada dalam daun sirsak.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×