kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh


Selasa, 09 Februari 2021 / 16:30 WIB
4 Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah mengkudu memiliki aroma yang khas dan bentuk yang tidak begitu cantik. Ini manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh Anda. 

Buah mengkudu merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di kawasan pantai, hutan, dan ladang. Namun, sebagian orang ada yang sengaja menanam mengkudu di halaman rumahnya. 

Tidak heran, buah mengkudu banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan obat herbal. 

Baca Juga: Buah mengkudu, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Untuk Anda yang tidak familiar, buah mengkudu berbentuk bulat lonjong. Permukaan buah mengkudu berbenjol-benjol dan berwarna hijau. Daging buah mengkudu yang sudah matang berwarna kuning pucat dan berbau busuk.  

Buah mengkudu memang tidak mempunyai penampilan yang menarik dan rasa yang lezat. Meski begitu, sebagian orang mengonsumsi buah mengkudu sebagai lalap makanan. Sebagian orang lagi mengonsumsi buah mengkudu dengan diolah menjadi rujak.

Selain dijadikan sayuran, buah mengkudu juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Sebab, buah mengkudu dipercaya ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit. 

Kandungan buah mengkudu 

Siapa sangka dibalik penampilan yang tidak menarik buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol. 

Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten. 

Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik.

Hal inilah yang membuat buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan 

Bagian tanaman mengkudu yang paling sering dijadikan obat herbal adalah buahnya. Umumnya, buah mengkudu dikonsumsi dengan cara diparut kemudian diperas. Sari buah mengkudu diminum dengan takaran yang disesuaikan penyakit yang diidap.

Berikut manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh 

1. Meningkatkan imunitas tubuh 

Buah mengkudu mengandung polisakarida yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan kerja sel darah putih.

2. Mengobati diare 

Buah mengkudu juga bermanfaat sebagai obat herbal diare. Buah mengkudu mengandung scopoletin yang mampu menghambat aktivitas E.coli

3. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Mengutip dari situs resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah.

Penderita tekanan darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi buah mengkudu bila ingin menurunkan tekanan darahnya.

Berikut bahan dan cara membuat ramuan buah mengkudu yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

  • Tiga buah mengkudu 
  • 110 ml air matang

Anda parut ketiga buah mengkudu tersebut. Kemudian, Anda seduh parutan buah mengkudu dengan air matang dan saring. Anda minum air buah mengkudu tersebut satu kali sehari dan ulangi selama tujuh hari. 

4. Asam urat 

Buah mengkudu rupanya juga banyak digunakan sebagai obat herbal asam urat. Sebab, buah mengkudu memproduksi senyawa yang mampu menghambat enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat muncul. 

Umumnya, buah mengkudu diolah menjadi jus kemudian diminum untuk mengobati asam urat. 

Meski mempunyai banyak manfaat baik untuk kesehatan, buah mengkudu yang diolah menjadi jus tidak boleh diberikan kepada penderita gagak ginjal kornik. Sebab, jus buah mengkudu bisa meningkatkan jumlah kalium di dalam darah. 

Baca Juga: Ini manfaat buah manggis untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui

Selanjutnya: Daun kemangi bermanfaat sebagai obat herbal untuk batuk dan flu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×