kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan uban secara alami


Minggu, 27 September 2020 / 15:37 WIB
4 Cara menghilangkan uban secara alami
ILUSTRASI. Cara menghilangkan uban secara alami bisa pakai beberapa bahan dan mengubah kebiasaan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring bertambahnya usia, folikel rambut memproduksi semakin sedikit warna. Cara menghilangkan uban secara alami banyak dilakukan oleh sebagian orang agar terlihat lebih muda. Anda bisa menghilangkan uban secara alami dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini.

Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Warna asli rambut bisa dipertahankan lebih lama dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Mengutip dari Healthline, beberapa vitamin yang menyehatkan rambut adalah vitamin B (apalagi vitamin B 12), vitamin D, vitamin E, dan vitamin A.

Mineral diperlukan rambut untuk memperbaiki kerusakan dan menjaga kondisinya saat tumbuh. Beberapa mineral yang dibutuhkan rambut adalah zinc, magnesium, zat besi, selenium, dan copper.

Berhenti Merokok dan Lindungi Rambut

Tak hanya buruk bagi kesehatan organ, merokok juga membuat warna rambut menjadi lebih cepat berkurang. Kandungan dalam rokok dapat merusak folikel rambut. Kebiasaan ini perlu segera dihentikan untuk memperlambat munculnya uban.

Selain itu, Anda juga perlu melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa melindungi kepala Anda menggunakan scarf atau topi saat melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Stop Merusak Rambut

Memodifikasi warna dan gaya rambut merupakan suatu hal yang menyenangkan karena bisa membuat tampilan lebih menarik. Namun, hal itu justru bisa membuat rambut cepat rusak, lo. Cara menghilangkan uban secara alami bisa Anda coba dengan memerhatikan hairdo yang Anda coba.

Healthline mengatakan, beberapa hairdo yang bisa merusak rambut adalah bleaching, menyisir rambut saat masih basah, mencuci rambut terlalu sering, dan menggunakan alat yang terlalu panas.

Pakai Bahan Alami

Cara menghilangkan uban juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cobalah menggunakan minyak kelapa setiap hari sebelum tidur kemudian bilas keesokan harinya saat bangun tidur.

Baca Juga: Benarkah tekanan stres bikin rambut beruban?

Sama seperti minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan jahe untuk merawat kesehatan rambut. Pertama, campurkan parutan jahe (1 sdt) dengan madu (1 sdm). Konsumsi campuran tersebut setiap hari.

Uban juga bisa diatasi dengan masker bawang merah. Caranya, tumbuk bawang merah kemudian saring agar Anda bisa menggunakan airnya dengan lebih mudah (Anda bisa menggunakan blender). 

Usapkan bawang merah pada kulit kepala kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan rambut menggunakan sampo. Anda bisa melakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×