kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami


Selasa, 02 Februari 2021 / 08:15 WIB
4 Cara menghilangkan komedo hitam dengan bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komedo terbentuk saat sebum dan kotoran yang menyumbat pori-pori mengalami oksidasi. Ada banyak cara menghilangkan komedo hitam yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Umumnya, komedo muncul di bagian hidung, tapi tak menutup kemungkinan untuk muncul di bagian kulit yang lain. Stylecraze (stylecraze.com) menyebutkan ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kemunculan komedo.

Mulai dari produksi sel kulit yang berlebihan, pemakaian kosmetik, keringat berlebih, perubahan hormon, atau kondisi kesehatan tertentu, seperti PCOS atau PMS. Supaya penampilan Anda tak terganggu, cobalah untuk memakai bahan alami untuk menghilangkan komedo.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah salah satu bahan alami yang mengandung anti-comedogenic sehingga mampu menghilangkan komedo hitam di kulit Anda. Pertama, tuang 2-3 tetes tea tree oil dan minyak kelapa ke kapas lalu aplikasikan pada komedo. Anda bisa melakukannya sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Baca Juga: Inilah 8 cara mudah dan ampuh hilangkan komedo

Stroberi

Stroberi juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo hitam. Jenis buah ini memiliki banyak vitamin C yang mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu, stroberi juga dapat membersihkan sel kulit kering dan mati sehingga komedo pun bisa hilang.

Anda perlu menumbuk beberapa buah stroberi terlebih dahulu kemudian tambahkan air lemon dan madu. Aduk bahan tersebut hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada area kulit yang memiliki komedo. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air.

Kayu Manis

Cara menghilangkan komedo hitam bisa Anda lakukan dengan kayu manis.

Mengutip dari Stylecraze, kandungan dalam kayu manis berguna untuk meningkatkan sintesis kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang. Dengan begitu, kemunculan komedo pun bisa berkurang.

Anda hanya perlu mencampur bubuk kayu manis dan air lemon lalu aplikasikan pada komedo. Diamkan dulu minimal 20 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 3 Masker teh hijau, cocok jadi cara menghilangkan jerawat

Kunyit

Cara menghilangkan komedo hitam juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kunyit. Bahan alami ini mengandung curcumin yang dapat membersihkan pori-pori kulit secara maksimal. Anda hanya perlu mencampur bubuk kunyit dengan air.

Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan campuran itu pada kulit di mana komedo muncul. Diamkan dulu selama beberapa menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Anda bisa menggunakannya setiap hari sampai kemunculan komedo berkurang.

Selanjutnya: 4 Cara terbaik mengecilkan pori-pori yang perlu Anda cob

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×