kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara alami membersihkan paru-paru


Jumat, 02 Oktober 2020 / 12:23 WIB
4 Cara alami membersihkan paru-paru


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Bagi perokok, penderita penyakit pernapasan, atau seseorang yang sering terpapar polusi, cara membersihkan paru-paru merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Ada banyak hal yang bisa Anda coba, termasuk menggunakan cara-cara alami.

Saat terpapar polusi, paru-paru akan terasa penuh dan akan mengalami peradangan. Hal itu menyebabkan terbentuknya lendiri, yang jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan tubuh seseorang.

Sebenarnya, paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun, cara membersihkan paru-paru berikut bisa digunakan untuk meredakan gejala saat paru-paru mulai bermasalah:

Rutin olahraga

Ada banyak sekali manfaat yang Anda dapat jika rutin melakukan olahraga. Aktivitas fisik ini akan meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda.

Risiko penyakit berbahaya yang berkaitan dengan paru-paru dan organ lainnya menurun dengan rajin olahraga.

Mengutip dari Medical News Today, otot akan bekerja lebih keras saat olaharaga sehingga pernapasan seseorang jadi meningkat. Saat itulah, suplai oksigen ke paru-paru juga ikut bertambah.

Seiring berjalannya waktu, paru-paru menjadi lebih efisien dalam menggunakan oksigen dan memproduksi karbondioksida lebih sedikit.

Baca Juga: Resep khusus membersihkan paru-parumu dari racun sisa rokok

Konsumsi teh hijau

Cara membersihkan paru-paru bisa menggunakan teh hijau.

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang bisa menjaga paru-paru dari serangan benda asing yang berbahaya. Tak hanya itu, inflamasi atau peradangan akibat polusi bisa berkurang jika Anda rutin mengonsumsi teh hijau.

Penelitian terbaru menunjukkan, manfaat teh hijau untuk kesehatan paru-paru. Penelitian itu melibatkan 1.000 orang dewasa di Korea Selatan.

Hasilnya, paru-paru mereka berfungsi lebih baik saat mengonsumsi minimal dua gelas teh hijau setiap hari dibanding yang tidak rutin minum teh hijau.

Konsumsi jenis makanan tertentu

Selain rutin minum teh hijau, cara membersihkan paru-paru juga bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan antiinflamasi.

Jika inflamasi dibiarkan, hal itu bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah kunyit, sayuran hijau, blueberry, ceri, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Polusi udara tak hanya menggangu paru-paru, ini tujuh dampaknya bagi tubuh

Terapi uap

Menurut Medical News Today, paru-paru bisa dibersihkan dengan cara terapi uap. Terapi ini mengharuskan Anda menghirup uap air agar sistem pernapasan semakin lancar dan lendir bisa dikeluarkan dengan mudah.

Saat cuaca dingin dan kering, seseorang yang memiliki masalah paru-paru akan lebih kesulitan untuk bernapas. Terapi uap mampu memberikan pertolongan cepat karena bisa memberi kehangatan dan kelembaban di saluran pernapasan.

Selanjutnya: 3 Penyebab utama paru-paru basah dan cara mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×