kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara agar rambut tidak mengembang, pakai bahan alami


Selasa, 02 Februari 2021 / 07:46 WIB
4 Cara agar rambut tidak mengembang, pakai bahan alami
ILUSTRASI. Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai cara agar rambut tidak mengembang.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara agar rambut tidak mengembang perlu Anda lakukan supaya penampilan Anda lebih maksimal. Namun, Anda perlu mengetahui dulu mengapa masalah itu Anda alami. Rambut yang mengembang terjadi karena kelembaban rambut yang tidak terjaga.

Kondisi tersebut bisa semakin parah karena cuaca yang lembab dan basah. Rambut kering berusaha mencari kelembaban dari udara di sekeliling Anda. Alih-alih menjadi lembab dan mudah diatur, folikel rambut justru membengkak sehingga rambut terlihat semakin mengembang.

Selain cuaca, ada hal lain yang dapat memperparah kondisi rambut Anda. Mulai dari alat atau produk penata rambut hingga sampo yang mengandung alkalin. Untuk mengatasi rambut mengembang, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Cuka Apel

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cuka apel memiliki kandungan asam yang mampu menyeimbangkan pH rambut. Selain itu, cuka apel juga dapat membersihkan sisa produk yang tertinggal di rambut sehingga rambut Anda akan terlihat lebih berkilau.

Caranya, campur 1/3 gelas cuka apel dengan 1 L air hangat. Gunakan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut lalu diamkan dulu selama 1-3 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa menggunakan cuka apel sebanyak satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: Ini bahan alami yang bisa menjadi obat rambut rontok

Minyak Kelapa

Cara agar rambut tidak mengembang selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai minyak kelapa. Bahan alami tersebut cukup mudah meresap ke rambut dan bisa melembabkan rambut dengan baik.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa di kulit kepala dan rambut dengan ukuran secukupnya. Setelah itu, diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo untuk membersihkan sisa minyak kelapa.

Alpukat

Cara agar rambut tidak mengembang bisa dilakukan dengan menggunakan alpukat.

Tak hanya enak dimakan, alpukat juga cocok untuk mengatasi rambut Anda yang mengembang. Anda perlu menumbuk sebuah alpukat matang berukuran sedang. Selanjutnya, tambahkan 2-4 sdm minyak kelapa. Setelah teraduk rata, gunakan pada rambut selama 20-30 menit kemudian bilas dengan sampo.

Baca Juga: 4 Rekomendasi penumbuh rambut yang tak boleh Anda lewatkan

Telur

Selain bahan-bahan di atas, cara agar rambut tidak mengembang juga bisa Anda coba dengan memanfaatkan telur. Healthline mengatakan bahwa bahan alami ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan rambut, seperti biotin dan vitamin.

Pertama, kocok dua butir telur hingga berbusa. Setelah itu, gunakan telur di rambut dan kulit kepala kemudian tutup rambut dengan shower cap. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian cuci rambut menggunakan sampo.

Selanjutnya: Rekomendasi cara menghilangkan ketombe dengan bahan alam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×