kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.923
  • SUN98,38 -0,17%
  • EMAS611.050 0,00%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

10 tips dari ahli mempertahankan berat badan setelah sukses diet

Selasa, 17 April 2018 / 17:48 WIB

10 tips dari ahli mempertahankan berat badan setelah sukses diet
ILUSTRASI. Pusat Kebugaran

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terkadang, hal terberat setelah menjalankan diet adalah mempertahankan hasilnya. Banyak orang melepas pola makan yang baik dan kembali ke kebiasaan lama, dan akibatnya kembali ke berat badan lama, bahkan sebelum diet. 

Selama menjalankan diet, biasanya orang disiplin mengatur pola makan, berolah raga, memilih makanan ringan, lauk-pauk dan buah-buahan yang mengoptimalkan asupan bergizi. 

"Nutrisi yang memadai adalah faktor terpenting mengelola penurunan berat badan dalam jangka waktu panjang. Kita tidak bisa membatasi kalori dan berharap menghilangkan berat badan," kata Josh Steckler, pemilik Push Fitness dikutip Daily Herald, Senin (16/4).

Dia bilang, pelaku diet harus melanjutkan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi, dengan tetap memangkas makanan dengan gula tinggi yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan inflamasi. 

Dan yang terpenting, setiap orang harus menemukan nutrisi dan latihan rutin yang paling baik berpengaruh untuk mereka. 

Nah, ini ada sejumlah tips dari para ahli bagi orang yang sudah sukses diet. Tapi, tentu bisa juga diterapkan bagi Anda yang ingin menjalankan disiplin pola hidup dalam jangka waktu panjang. 

1. Mulailah hari dengan olah raga 
Michelle Jeeninga, personal trainer tersertifikasi di Push Fitness mengatakan, mulai latihan di awal pagi hari adalah kunci menjauhkan kenaikan berat badan. "Olah raga pagi sebelum bekerja akan memaksa bangun dan bergerak. Dan Anda juga tak punya alasan tak punya waktu berolah raga setelah pulang kerja," katanya. 

2. Pertahankan jurnal makanan
Tulislah pilihan makanan untuk melihat apa yang Anda suka, seberapa sering makan dan berapa kali Anda membutuhkan snack di antara jam makan. Tulis pula, jika Anda melewati konsumsi sayur atau buah ketika di jam makan tertentu.

Cara ini dapat menjaga keinginan untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat. "Pilih dua-tiga hari dalam sepekan untuk menulis apapun yang dimakan dan diminum. Ini bisa membuat kita bertanggung jawab pada pilihan makanan," kata Samantha Woulfe, konsultan diet di Jewel-Osco.

3. Jangan hilangkan jam makan
Tentu sangat menggoda untuk melewati sarapan atau makan siang, dengan asumsi bisa mengurangi kalori. "Melewati jam makan akan berujung pada makan berlebih," kata Woulfe. Jika seseorang cenderung melewati jam makan karena terlalu pagi untuk menyiapkan sarapan, Woulfe menyarankan, menyiapkan makanan di malam sebelumnya. 

4. Rencanakan pilihan makan setiap pekan
Para ahli menyarankan untuk membeli bahan baku setelah merencanakan makanan yang akan dimasak, baik untuk sarapan, makan siang, makan malam, dan snack. Jadwalnya bisa dibikin untuk makan sepekan. 

Tampaknya ribet. Tapi, dengan perencanaan ini, kita lebih efisien berbelanja. Penggunaan bahan baku yang lebih jelas memungkinkan untuk penggunaan berulang. Dengan begitu, cara ini bisa juga untuk menghemat biaya. 

5. Siapkan bahan makanan lebih dahulu
Sejumlah bahan baku bisa disiapkan lebih awal, sehingga memudahkan kita menjalankan pola makan di hari-hari berikutnya.

Misalnya, siapkan camilan kacang dalam pak atau plastik kecil-kecil, yang bisa langsung dibawa setiap kali berangkat ke kantor. Atau, Anda bisa memasak bahan makanan dalam jumlah besar, semisal spageti, simpan dengan baik di lemari es, dan kapanpun ingin makan, hanya tinggal menyiapkan toppingnya.

6. Sarapan setiap pagi
Josh Steckler menyarankan makan sarapan berkualitas 30 menit setelah bangun pagi. Sarapan berkualitas ini mengandung tiga makronutrisi seperti protein, lemak, dan karbohidrat.

7. Pilih olah raga dengan manfaat maksimal
Steckler menyarankan, memasukkan gerakan besar dari angkat beban, squats, lunge, push up, dan plank dalam latihan rutin. "Latihan ini membutuhkan kerja otot maksimum, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil lebih ketika berolah raga," katanya. 

8. Bagi jam makan
Steckler mengatakan, kita harus mengontrol asupan kalori dan menjaga level gula dalam darah untuk menjaga berat badan. 

Di Push Fitness, dia merekomendasikan membagi kalori yang dibutuhkan dalam 5 kali waktu makan per hari. Setiap kali makan dianjurkan mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Setelah sarapan, dia menganjurkan makan sesuatu setiap tiga jam untuk menjaga level gula. 

9. Hati-hati dengan asupan minuman
Asupan cairan seperti jus, smoothies, alkohol, soda mengandung kalori. Apalagi, jika ditambahi gula. "Waspadai kalori yang dikonsumsi lewat minuman, dan perbanyak minum air putih," kata Steckler.

10. Konsisten!
Steckler bilang, konsisten dengan asupan nutrisi dan perencanaan latihan adalah kunci menurunkan berat badan dan menjaganya. "Temukan cara diet dan program olah raga yang cocok, dan jalankan," katanya. 
 


Reporter: Sanny Cicilia
Editor: Sanny Cicilia

KESEHATAN

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0390 || diagnostic_web = 0.1972

Close [X]
×