kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai kebiasaan yang bisa picu kanker serviks


Selasa, 26 September 2017 / 07:51 WIB
Waspadai kebiasaan yang bisa picu kanker serviks


Sumber: TribunNews.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kanker serviks sudah menjadi momok bagi para wanita dewasa saat ini. Setiap tahun penderita kanker jenis ini terus bertambah.

Kanker jenis ini pemicu utamanya ialah virus bernama Human Paviloma Virus atau sering disebut HPV. Virus ini memang mudah sekali menjangkit tubuh.

Nah Dilansir dari laman Vix.com, Berikut ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu terjadinya kanker serviks pada wanita.

1. Merokok

Menurut Angélica Nogueira, seorang ahli onkologi Brasil menyebut bahwa kebiasaa merokok dapat mengubah kekebalan tubuh perempuan menjadi rusak dan perubahan ini meningkatkan risiko terjadinya infeksi oleh virus HPV.

2. Tidak membersihkan organ intim secara rutin

Flora vagina juga merupakan bagian dari imunitas seorang wanita. Oleh karena itu, kondisi kebersihan orgam intim yang buruk dapat mengubah flora vagina.

Sehingga bisa terjadi peningkatkan bakteri jahat serta menurunkan jumlah bakteri baik dengan demikian kebiasaan inilah yang memicu penyebaran virus atau penyebaran penyakit lebih mudah.

3. Seks Lebih dini

Wanita yang sudah melakukan seks di usia dini sangat berpotensi terjangkit virus penyebab kanker serviks ini. Seks tidak sepenuhnya terlindungi dari virus oleh kondom karena penularan dapat terjadi melalui kontak kulit, dan karena itu, semakin muda anda melakukan seks, semakin banyak kemungkin terjangkitnya virus berbahaya ini.

4. Penggunaan kontrasepsi yang salah

Menurut spesialis, pil kontrasepsi juga bertanggung jawab atas timbulnya penyakit kanker serviks. Memang saat ini pil kontrasepsi sering dikeluhkan oleh banyak wanita karena fungsinya yang tidak terlalu bagus.

Maka dari itu sebaiknya anda berkonsultasi dulu sebelum menentukan alat kontrasepsi dengan dokter.


Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com, berjudul: Kebiasaan Sepele ini Bisa Picu Kanker Serviks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×