kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penumpukan ASI bisa mengundang bakteri


Senin, 22 Mei 2017 / 19:17 WIB
Penumpukan ASI bisa mengundang bakteri


Sumber: Tabloid Nova | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Saat payudara terisi penuh dengan Air Susu Ibu (ASI) sehingga bengkak dan memerah, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit, demam tinggi, dan peradangan dengan cepat. Benjolan keras ini juga bisa menyebabkan puting susu berdarah dan retak. Kondisi ini disebut sebagai mastitis.

Mastitis terjadi karena saluran susu tersumbat akibat pembentukan susu di dalam payudara. Hal ini terjadi jika ASI tidak habis sepenuhnya atau tidak diminumkan pada bayi sehingga mengeras di dalam payudara. Jika didiamkan penumpukan susu ini mengundang bakteri.

Mastitis juga bisa diderita oleh wanita yang tidak menyusui jika payudara terinfeksi akibat kerusakan puting susu, puting susu pecah, atau tindik puting susu.

Jika kita menderita mastitis, hal terbaik yang harus dilakukan adalah konsultasi dengan dokter atau ginekolog. Dalam beberapa kasus ekstrem, operasi mungkin juga dibutuhkan.

Namun sebelum melakukan perawatan ekstrem, kita juga dapat mencoba melakukan perawatan di rumah dengan bahan alami. Salah satunya adalah menggunakan kunyit yang merupakan bahan dapur umum dan bisa ditemukan di setiap rumah tangga.

Kandungan curcumin yang ada di dalam kunyit dipercaya bisa menyembuhkan mastitis. 

Sebuah studi pun dilakukan untuk mengetahui efek curcumin pada ibu menyusui. 63 orang ibu menyusui yang menderita mastitis laktasi diberikan krim topologi curcumin.

Hasilnya, pemberian curcumin topikal berhasil menurunkan tanda-tanda mastitis laktasi seperti nyeri, ketegangan payudara, dan bengkak dalam waktu 72 jam tanpa efek samping.

Hal ini berimplikasi bahwa curcumin berfungsi sebagai agen anti-inflamasi untuk mengendalikan peradangan kulit dan jaringan lunak bahkan pada dosis rendah dengan penggunaan topikal.

Bagaimana jika ingin membuatnya di rumah? Parut kunyit lalu oleskan di atas bagian yang meradang dan biarkan selama beberapa menit sampai mengering.

Setelah itu lap dengan handuk yang direndam air hangat. Tunggu beberapa saat sampai peradangan mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×