kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kangen Water hebohkan warganet, ada apa?


Kamis, 23 November 2017 / 22:57 WIB
Kangen Water hebohkan warganet, ada apa?


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warganet dihebohkan dengan beredarnya surat berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian Dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI terhadap PT Enagic Indonesia selaku produsen mesin Kangen Water.

Foto surat itu ramai dibahas di media sosial, khususnya di Twitter. Dalam surat tertanggal 10 November 2017 itu Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia untuk menarik semua brosur soal khasiat Kangen Water yang beredar di masyarakat.

Setidaknya ada 3 poin penting yang diinstruksikan Kemenkes kepada perusahaan tersebut.

Ketiga hal itu yakni:

1. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang "telah diakui negara" (Kementerian Kesehatan RI).

2. Menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai "medical device".

3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water elekrtolisis) sebagai produk yang dapat "menyehatkan dan/atau menyembuhkan".


Melalui blogdokter.net seorang dokter menuliskan tentang apa sebenarnya kangen water itu.

Berikut petikannya:

Masalah khasiat Kangen Water ini sebenarnya sudah lama saya bahas di Twitter bersama salah satu sejawat disana.

Kangen Water yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah air alkali yang bila diminum akan sama saja dengan air biasa.

Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan diasamkan oleh asam lambung sehingga pH-nya akan kembali netral,

Untuk kasus kasus tertentu seperti pada penderita maag, air alkali justru memiliki efek buruk yakni merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit maag bertambah parah.

Klaim yang mengatakan setelah minum air alkali akan menyebabkan air kencing menjadi basa. Klaim ini adalah bohong besar.

Bagaimana bisa air alkali yang sudah diasamkan oleh asam lambung bisa kembali alkali setelah tiba di ginjal?

Pada penderita penyakit ginjal terutama batu saluran kemih memang membutuhkan air kencing yang basa, tetapi caranya bukan dengan minum air alkali.

Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali.

Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah "Placebo Effect" yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti.

Dulu pernah ada cerita, orang bisa sembuh dengan minum air yang dicelupkan batu oleh Ponari, manfaat menyembuhkan dari air alkali mirip seperti itu.

Dengan dikeluarkannya BAP dari Kemenkes RI ini, mudah mudahan bisa membuat kita lebih waspada terhadap penipuan atau hoax yang mengatasnamakan kesehatan.

Harga mesin kangen Water

Pada tahun 2014 harga mesin kangen water ada dikisaran Rp 24,5-70 juta per unit . Beberapa tahun terakhir mesin ini laris manis di Indoensia.

Kangen water atau air alkali awal-awalnya populer di Jepang. Disebutkan jika ion atau air alkali memberikan manfaat begitu besar pada kesehatan.

Alasannya karena sifat basa yang disebut terkandung dalam air kangen. Dengan sifat basa-nya itu kangen water disebut bisa menggantikan cairan tubuh yang terlalu asam karena pola makan dan gaya hidup.

Namun klaim itu diragukan sejumlah ahli kesehatan. Salah satunya ahli gizi Emilia Achmadi. "Mereka tidak menipu, tapi tidak memberikan aspek yang benar." katanya.

Adapun Ketua Indonesian Hydration Working Group Saptawati mengatakan keampuhan air kangen belum terbukti secara ilmiah berdasarkan penelitian.(*)

Artikel ini sudah tayang di Tribun Timur dengan judul: Beredar Surat Kemenkes Soal Hoax Khasiat Kangen Water, Wah Jadi Selama ini Tipu-tipu Dong?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×